BREAKING NEWS
latest

Penggunaan Bata Bekas Bongkaran untuk Dipakai Kembali

batu bata
Penggunaan bata bekas bongkaran untuk dipakai kembali - Adakah disini teman-teman sipil yang pernah menggunakan bata bekas bongkaran untuk dipakai kembali? Kalau ada silakan berikan komentar pada kolom diskusi dibawah postingan ini :)

Berdasarkan hasil diskusi dan pengalaman bersama dengan teman-teman teknik sipil lainnya bisa dikatakan bata yang bisa dipakai kembali dari hasil bongkaran hanya sekitar 5% dari total bongkaran dinding keseluruhan.

Apalagi jika bangunan sudah berumur lebih dari 20 tahun misalnya dimana acian dan plesteran sudah menempel sangat kuat pada bata sehingga sulit untuk dibersihkan untuk dijadikan bata utuh.

Untuk bangunan lama yang belum diplester biasanya bata menjadi berlumut dan kotor sehingga perlu disikat dan dibersihkan dari kotoran, tentunya hal ini buang-buang waktu.

Walaupun mendapatkan sisa 5% dari bata bekas bongkaran sebaiknya hanya digunakkan untuk bangunan non struktur mengingat umur bata yang sudah lama karena dikhawatirkan mudah sekali hancur apalagi ketika diketuk, dibor atau dipaku.

Solusinya adalah memang sebaiknya memakai batu bata yang baru sehingga tidak repot memilah-milah bata bekas bongkaran yang memakan waktu, biaya dan tenaga.


Gambar utama via innovativeretailtechnologies.com